KOMPONEN CPU BESERTA GAMBAR DAN FUNGSINYA



CPU tampak depan

CPU tampak belakang

CPU (Central Processing Unit), adalah perangkat terpenting dalamsebuah komputer yang memiliki peranan sebagai pengolah data atau pusat pemrosesan data dari sebuahcomputer.Di dalam CPU terdapat komponen-kompenen yang terhubung satu sama lain. Adapun komponen tersebut adalah :

1. Casing

Casing adalah bagian terluar dari CPU. Berfungsi untuk menutupi dan melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu selain itu juga berfungsi sebagai tempat dudukan komponen lain seperti motherboard,CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive dll.


2. Processor

Prosessor Adalah Otak Dari Semua Proses Yang Ada Di Komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data.


3. RAM

RAM (Random Access Memory). Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor. Juga Berfungsi Menyimpan Data Sementara Selama Komputer Dalam Keadaan Hidup. Satuan Memori Biasanya Menggunakan Byte,Kapasitas Memori Yang Ada Di Pasaran Yaitu : 64 Mb,128 Mb,256 Mb,512 Mb,1 GB,2 GB,4 GB Dan 8 GB


4. VGA Card


5. hardisk
harddisk adalah tempat penyimpanan data yang ada di komputer. semakin besar kapasitas harddisk semakin besar pula data-data yang dapat disimpan. satuan kapasitas harddisk adalah byte.

6. motherboard

motherboar merupakan papan sirkuit tempat penghubung dari semua komponen yang ada dalam CPU. fungsinya untuk menghubungkan semua komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.



7. Sound Card

sound card Fungsinya adalah memerima sinyal digital dari komputer dan menjadi gelombang dan menghasilkan sinyal sonic

8. Optical Disk Drive

Optical Disk Drive atau sering disebut dengan cd/dvd room piranti yang digunakan untuk membaca dan menullis CD/DVD. Yang termasuk kedalam optical drive adalah : CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.


9. Power Suply

Power supply merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen komputer. Power supply dibedakan atas daya yang dimiliki, seperti: 300 watt, 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, 600 watt, dan berkembangan mengikuti perkembangan teknologi komputer.


desri

1 komentar:

Instagram